Hits, Jalan-jalan, Uncategorized

Bibury, Desa Cantik di Inggris. Rasakan Sensasi Seperti di Negeri Dongeng!

bibury
Bibury, Gloucestershire

Pernah membayangkan ada Desa dengan pemandangan cantik bak negeri dongeng di negara maju seperti Inggris? Berkunjunglah ke Desa Bibury.

Kali ini Saya bakal mengulik sedikit tentang Desa Bibury karena Saya tertarik dengan pesona desa kecil di negara maju ini yang konon mampu menarik para Traveller buat berkunjung kesana.

Desa yang terletak di wilayah Costwold, Gloucestershire, sekitar 9 mil dari kota Burford ini merupakan lokasi yang sangat indah dan dikelilingi padang rumput. Bibury memukau para pengunjung dengan cottage batu kuno yang ditandai dengan atap bernada curam. Set terbaik dari cottage ini ditemukan di Arlington Row. Jalur ini dihiasi dengan cottage abad ke-17 yang merupakan perawatan mutlak bagi mata karena tata letak dan warna sepia yang berbeda. Sungai Coln, yang mengalir ke desa, membuat latar belakang pemandangan yang sempurna untuk cottage ini. Selain itu, Desa Bibury ini juga memiliki beberapa tempat-tempat favorit yang sering dikunjungi oleh para pengunjung seperti Gereja St. Mary serta Bibury Trout Farm.

. . .

Kenapa sih Bibury jadi tempat Favorit para Traveller?

Selain cottage batu, yang menjadi ciri lain dari Bibury adalah adanya sungai jernih yang mengalir di sepanjang jalan utama yaitu sungai Coln. Sungai Coln adalah anak sungai dari sungai Thames dan merupakan sumber pengairan bagi Bibury Trout Farm. Bibury Trout Farm ini merupakan tempat pembudidayaan ikan Trout yaitu sejenis ikan tawar asal Bibury, dan bisa menetaskan lebih dari 6 juta ikan per tahun.

bibury2

Jika kamu kesini, kamu pasti mendapati pemandangan rumah-rumah kuno dari susunan batu khas Inggris berderet sangat rapih menghadap jalan besar atau setapak. Landscape hijau dan bunga warna-warni menghias berbagai sudut desa menambah keindahan dan keasrian suasana desa ini. Seluruh Desa Bibury akan penuh bunga warna-warni begitu tiba musim semi. Jadi kalau kamu menikmati sajian bunga-bunga yang berwarna-warni, pastikan kamu mengunjungi Desa Bibury ini waktu musim semi tiba ya 🙂

Bayangin dulu deh, sebelum kesana beneran karena belum ada budget (bokek)..  Lagi nikmatin bunga-bunga yang cantik dan deretan rumah-rumah batu yang bikin hati tenang..

Gimana sih jalur menuju Bibury?

Untuk menuju desa indah ini Kamu bisa naik kereta dari London selama kurang lebih 3 jam melalui rute Charing Cross Underground-London Paddington-Kemble Railway Station-Cirencester, Parish Church-Bibury. Kamu juga bisa memilih untuk naik Bus jalur 853 atau 66 dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam. Atau kalau yang dari Victoria Coach, pilih armada bis National Express, ada aplikasi onlinenya untuk pemesanan tiket baik di iOS maupun Android, cukup murah sekitar £20 – £30 PP tergantung season. Pilih tujuan ke kota Cirencester dan belilah tiket PP.

Oh ya, dari literatur-literatur yang udah aku baca, disaranin buat kesana jam 7 – 8 an pagi dan kembali yang jam 6 sore ya. Mungkin di jam-jam segitu kamu bisa nikmatin pemandangan yang bagus. Atau kalo kamu berminat menginap, kamu bisa mencari penginapan-penginapan di sekitar desa Bibury. Kalo yang ada di Desa Bibury nya sendiri, kamu bisa menginap di Swan Hotel. Tapi kalau kamu mau menginap di Swan Hotel, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam. Rate untuk The Swan Hotel sendiri sekitar 5jt rupiah per malamnya. Jadi pinter-pinter cari penginapan di sekitar Costwold ya. Mungkin kalo ada yang punya pengalaman nginep disana, bisa share disini.

Nah, kalo gitu siapa yang mau berkunjung ke Bibury??

 

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.